Jan 13, 2013

5 menara menakjukan

1.Tahukah kalian menara eiffel dari paris??                                                                 
Menara Eiffel (bahasa Perancis: La tour Eiffel) adalah bangunan yang paling menonjol di kota Paris dan dikenal di dunia sebagai simbol negara Perancis. Namanya diambil dari nama perancangnya, Alexandre Gustave Eiffel dan sejak dibangun pada 1889 sampai 1930 adalah bangunan tertinggi di dunia. Sebagai tempat wisata dan ikon Paris serta Perancis, menara ini dikunjungi oleh sekitar 5,5 juta turis.
Menara ini memiliki ketinggian 300 meter dan di atasnya terdapat antena televisi setinggi 24 m. Angin dapat menyebabkan menara ini bergoyang sebanyak 6-7 cm dan panas dapat menyebabkan puncak menara menjauh hingga 18 cm dari matahari [1]. Menara Eiffel memegang rekor bangunan tertinggi selama 40 tahun.

2 Tahukah kalian menara pisa dari Italia ??
           
Menara Pisa, salah satu obyek wisata paling terkenal di Italia, bahkan didunia, ternyata menjadi miring karena salah bikin. Dan lebih dari itu, ternyata menara ini di bikin dalam waktu lebih dari seabad.
Manar itu dibangun lebih dari tiga tahap. Tahap pertama dimulai dari tahun 1178, yang berlangsung hingga tingkat tiga. Pekerjaan dihentikan karena pada tahun kelima, menara sudah mulai miring keselatan. Pekerjaan pembangunan dihentikan hingga kira-kira 100 tahun, sebelum pada tahun 1272, tinggi menara ditambah 4 tingkat kearah berlawanan, agar menara dapat berdiri tegak.
Karena tanah disekitar menara tidak stabil, maka pembangunan dihentikan, hingga ahirnya dilanjutkan kembali pada tahun 1360, atau 80 tahun kemudian. Pada pembangunan terakhir ini pula ditempatkan ruang lonceng pada puncak menara, dan menara Pisa mendapatkan bentuknya seperti sekarang ini yang kita kenal.
Mungkinkah Menara Pisa ditegakkan? Mungkin saja. Namun berdasarkan pengamatan para ilmuwan, sekalipun Menara Pisa ditegakkan, bagian-bagian dalam Menara akan tetap melengkung akibat dari terlalu banyak koreksi yang dilakukan sejak pembangunannya 800 tahun lebih yang lampau.

3.Tahukah kalian menara petronas/menara kembar dari kuala lumpur??
          
Menara Kembar Petronas, bangunan 88-tingkat yang juga dikenali sebagai KLCC merupakan bangunan kembar tertinggi di dunia. Menara kebanggaan Kuala Lumpur yang terletak di tengah-tengah pusat kota ini terdapat kompleks pejabat, dewan convention, sebuah taman yang luas dan kompleks dagang modern.
Seni bangunan menara kembar ini didesain oleh arsitek Amerika yang berasal dari Argentina yaitu Cesar Pelli yang mendapat ilham bentuk dari corak geometrik yang sering digunakan di dalam seni bangunan Islam.
Taman KLCC merupakan sebuah taman luas dengan landskap yang dibangun indah terhampar di sebelah menara dengan seni bangunan yang unggul ini. Daya tarik lain yang terdapat berdekatan termasuk kompleks jual beli Suria KLCC, Dewan Filharmonik Petronas, Pusat Sains Petronas, Galeri Seni Petronas, Aquaria Oceanarium dan Pusat Convention Kuala Lumpur .

4.Tahukah kalian menara almas tower dari dubai?? 
 
gedung pencakar langit tertinggi kini berada di Dubai. Menara itu dinamakan Burj Dubai atau Menara Dubai yang memiliki ketinggian sekitar 800 meter lebih dan terbagi atas 169 lantai.

Burj Dubai ini memiliki musholla di lantai 158, dan kolam renang di lantai 76. Tidak ada bangunan lain di dunia, yang menyediakan musholla dan kolam renang, pada ketinggian seperti itu. Menara ini terdiri dari 1.100 apartemen. Menurut para pengamat, krisis ekonomi di Dubai sekarang ini, dan ambruknya bisnis perumahan pada akhir tahun 2008, tidak mempengaruhi penjualan apartemen di menara ini.
Pada Senin ini, Pemerintah Dubai akan meresmikan penggunaan gedung paling tinggi di dunia itu. Pembangunan gedung ini membutuhkan waktu sekitar 6 tahun dimulai pada tahun 2004. Ketinggian persis gedung ini, baru akan diumumkan pada saat upacara pembukaan.
Pada acara tersebut, Syekh Dubai akan memimpin peresmian penggunaan gedung beraksitektur mewah dan lengkap ini. Adapun perbedaan suhu udara antara lantai paling bawah dengan paling atas, sekitar sepuluh derajat Celcius.
Dalam proses pembangunan proyek gedung pencakar langit itu, muncul beberapa suara-suara kecaman. Beberapa organisasi lingkungan hidup mengingatkan, bangunan seperti itu akan menggunakan terlalu banyak enerji. Sementara beberapa organisasi hak asasi manusia mempersoalkan buruknya kondisi kerja yang dialami para buruh.
Gedung pencakar langit Burj Dubai adalah ikon baru bari Kota Dubai atau Uni Emirat Arab. Ketinggian Burj Dubai dari dasar hingga puncaknya lebih dari enam kali tinggi Monumen Nasional (Monas). Gedung tersebut menjadi terlihat sangat jangkung jika dibandingkan dengan Monas yang tingginya hanya 132 meter. Puncaknya saja bisa dilihat sampai jarak hingga 95 kilometer.

5.Tahukah kalian colosseum dari kota roma?? 



Roma Tidak hanya Menara Pisa, Colosseum di Roma yang dulu menjadi tempat para gladiator mempertahankan nyawa sekarang juga miring, sisi selatan bangunan itu 40 sentimeter lebih rendah dari sisi bagian utara.

Kini pihak berwenang sedang melakukan penyelidikan untuk mengetahui apakah bangunan berusia 2.000 tahun yang dibangun oleh Vespasian itu membutuhkan perbaikan mendesak.

Para ahli pertama kali memperhatikan kemiringan pada bagian selatan bangunan kuno tersebut setahun lalu dan terus melakukan pemantauan selama beberapa bulan, kata Direktur Colosseum Rosella Rea seperti dikutip harian Italia, Corriere della Sera, Minggu (29/7).

Rea telah meminta Universitas La Sapienza di Roma dan institut geologi lingkungan IGAG untuk mempelajari fenomena itu melalui sebuah penelitian yang akan rampung dalam satu tahun.

Serangkaian tes juga dilakukan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh kesibukan lalu lintas di sekitar monumen.

Profesor Giorgio Monti dari Departemen Teknologi Konstruksi La Sapienza memperingatkan kemungkinan adanya retakan di bagian bawah amfiteater, tempat pertunjukan besar berbentuk elips yang nama aslinya Flavian Amphitheatre,.

1 comment :